4 Tips Tidur Nyenyak untuk Istirahat yang Berkualitas

4 Tips Tidur Nyenyak untuk Istirahat yang Berkualitas

4 Tips Tidur Nyenyak untuk Istirahat yang Berkualitas

Tidur nyenyak dan istirahat merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar bagi manusia. Dengan tidur, tubuh akan mendapat kesempatan untuk memperbaiki serta membangun sel-sel dan jaringan lama. Itulah yang membuat Anda bisa merasa segar ketika terbangun di pagi harinya.

Durasi tidur yang baik umumnya berkisar antara 7-8 jam sehari. Sayangnya, tidak semua orang bisa memenuhi anjuran tersebut karena berbagai alasan. Misalnya tugas atau kerjaan yang menumpuk atau sedang mengalami stress. Lantas, bagaimana cara untuk tidur nyenyak dan mendapat istirahat berkualitas di malam hari? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat tidur nyenyak

Secara tidak sadar, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari tidur nyenyak, sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Layaknya sistem imun tubuh lain, jantung juga perlu beristirahat. Dengan begitu, ia akan dapat berfungsi dengan lebih baik dan maksimal. Namun jika Anda tidak mendapat tidur berkualitas, tubuh akan melepas hormon kortisol sehingga jantung harus bekerja lebih keras. 

Akibatnya, tekanan darah akan meningkat dan memicu terjadinya serangan jantung. Itulah mengapa Anda perlu mendapat tidur nyenyak dan teratur setiap malamnya demi jantung yang sehat.

  1. Memperlambat penuaan tubuh

Ketika tidur, berbagai sel serta zat yang sudah tidak diperlukan akan dibuang dari tubuh dan digantikan dengan yang baru. Regenerasi tersebut sangat bermanfaat dalam mengembalikan fungsi kekebalan tubuh hingga menenangkan pikiran.

Perlu diingat bahwa perbaikan sel-sel tubuh bisa terjadi secara optimal hanya ketika Anda sedang tidur. Jadi, pastikan untuk tetap mendapat tidur yang cukup.

  1. Merasa lebih segar dan bahagia

Ternyata tidur nyenyak juga bisa membantu meningkatkan suasana hati seseorang, lho. Ya, tidur yang cukup akan membuat Anda merasa lebih berenergi ketika terbangun keesokan paginya. 

Hasilnya, Anda akan merasa segar dan bahagia saat menjalani aktivitas sehari-hari. Anda pun dapat lebih siap untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan sehari-hari.

  1. Meningkatkan daya ingat

Tidur nyenyak sangat penting untuk membantu otak dalam memproses memori. Karena itu, tidur yang cukup dapat memperkuat daya ingat Anda terhadap berbagai hal secara mendetail.

Apabila Anda tidak mendapat istirahat berkualitas, tentunya akan sulit fokus dan berkonsentrasi dalam menerima informasi baru. Selain itu, otak juga kesulitan dalam mengingat sesuatu dengan baik.

  1. Menjaga berat badan ideal

Manfaat tidur nyenyak yang terakhir adalah untuk menjaga berat badan Anda supaya tetap ideal. Orang yang kurang tidur seringkali sulit mengatur nafsu makannya. Bahkan memiliki kecenderungan nafsu makan yang tinggi.

Kalau dibiarkan, hal ini berpotensi memicu obesitas. Karena itu, jangan lupa untuk tidur yang cukup setiap malam guna menjaga berat badan ideal. Akan lebih baik kalau ditambah dengan olahraga secara rutin agar tubuh bisa lebih sehat maksimal.

Tips tidur nyenyak

Tidak sedikit orang yang sering mengeluhkan tentang betapa sulitnya mereka mendapat waktu istirahat yang cukup. Akibatnya, tidur pun jadi kurang nyenyak dan maksimal. Kalau Anda termasuk salah satunya, mari coba tips tidur nyenyak berikut.

  1. Bangun tepat waktu

Siapa sangka kalau bangun di waktu yang sama setiap harinya bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak. Ya, mengatur jam biologis seperti ini sangat bagus untuk membuat tubuh merasa lebih berenergi di pagi hari.

Cara terbaik melakukannya adalah dengan menyetel alarm untuk bangun di pagi hari. Terapkan di jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan. Dengan begitu, Anda akan terbiasa bangun tidur pada jam tersebut.

  1. Kurangi makan dan minum sebelum tidur

Perlu Anda ketahui bahwa proses pencernaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ditambah lagi, langsung tidur setelah makan dan minum berisiko meningkatkan kadar asam lambung. Akibat terburuknya bisa memicu sakit maag. 

Ada kalanya perut Anda akan terasa panas setelah mengonsumsi sesuatu. Hal tersebut akan membuat Anda jadi kesulitan untuk tidur. Oleh sebab itu, hindarilah kebiasaan makan dan minum sebelum tidur. Berilah jeda selama beberapa waktu setelah makan malam dan waktu tidur.

  1. Hindari main gadget di atas kasur

Di era serba modern seperti sekarang ini, banyak orang yang cenderung memiliki kebiasaan memainkan gadgetnya sebelum tidur. Entah itu untuk bermain game atau sekadar scrolling akun media sosialnya.

Hal ini bisa menghambat produksi melatonin, hormon alami yang membantu tidur seseorang. Karena itu, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan mengutak-atik handphone sebelum tidur. Akan lebih baik bila Anda menggunakan filter khusus untuk mengurangi gelombang cahaya biru dari gadget Anda.

  1. Ciptakan suasana kamar yang nyaman

Tips tidur nyenyak yang terakhir adalah dengan memperhatikan lingkungan tidur Anda. Percaya atau tidak, cara ini sebenarnya memang punya pengaruh penting untuk menjaga kualitas tidur seseorang.

Anda dapat memulainya dengan membeli kasur empuk dan berkualitas, seperti produk Ocean Springbed. Kemudian tatalah kamar Anda hingga menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Misalnya dengan menambahkan ornamen-ornamen khusus. Alhasil, Anda akan merasa telah berisitirahat dengan nyaman walau hanya tidur sebentar.

Itulah 4 tips tidur nyenyak untuk mendapat istirahat berkualitas. Meski kerap disepelekan, kualitas tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk menjagai kondisi tubuh tetap prima. Selain fisik, tidur nyenyak juga penting bagi kesehatan mental. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika dirasa perlu. Selamat mencoba!