5 Manfaat Tidur dan Istirahat yang Cukup Bagi Kesehatan

5 Manfaat Tidur dan Istirahat yang Cukup Bagi Kesehatan

5 Manfaat Tidur dan Istirahat yang Cukup Bagi Kesehatan

Manfaat tidur sering dianggap remeh oleh banyak orang, terutama bagi kaum anak muda. Walaupun begitu,  tidur dan istirahat telah menjadi kebutuhan penting manusia, selain bernapas dan makan-minum. Umumnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

Banyak manfaat tidur yang bisa didapat dari tidur cukup di malam hari, baik dalam kesehatan maupun kecantikan. Sayangnya, masih ada yang belum memahami betapa pentingnya tidur bagi dirinya sendiri. Untuk itu, berikut kami akan membahas manfaat tidur dan istirahat yang cukup.

Mengapa setiap orang perlu tidur cukup?

Sejatinya, tidur merupakan aktivitas yang memiliki pengaruh penting pada seseorang, baik secara fisik maupun mental. Ada beragam manfaat yang bisa didapat orang ketika tidur dan istirahat cukup.

Namun, untuk mendapat manfaatnya dengan maksimal, Anda perlu tidur cukup di malam hari. Kalau Anda tidak mendapat waktu tidur yang optimal, justru akan memberi dampak kurang baik bagi tubuh.

Ini tentunya bukan hal yang baik. Apalagi ketika tidur, otak akan bekerja guna mempersiapkan tubuh di hari esok. Jadi, waktu tidur yang kurang bisa membuat produktivitas kerja keesokan harinya terganggu keesokan harinya.

Akibat terburuknya adalah meningkatnya risiko mengalami stress dan terkena berbagai penyakit serius. Sebut saja kenaikan berat badan drastis, obsesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan waktu tidur dan istirahat semaksimal mungkin.

Setiap kelompok usia mempunyai kebutuhan waktu tidur yang berbeda, antara lain:

  • Bayi dan balita: 16-18 jam
  • Anak prasekolah: 11-12 jam
  • Anak SD: 10 jam
  • Remaja: 9-10 jam
  • Dewasa dan lansia: 7-8 jam

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan

Ada banyak manfaat tidur yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  1. Meningkatkan imun dan kekebalan tubuh

Ketika tidur, tubuh akan bekerja keras dalam memproduksi antibodi. Salah satunya adalah senyawa sitokin yang memiliki peranan penting terhadap sistem kekebalan tubuh.

Antibodi tersebut berfungsi untuk melawan berbagai virus dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Jadi kalau Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, jumlah sitokin dalam tubuh tidak akan cukup untuk menghalangi masuknya virus hingga rentan terkena berbagai penyakit.

  1. Memperkuat daya ingat

Apakah Anda akhir-akhir ini jadi mudah lupa terhadap sesuatu? Bisa jadi itu disebabkan karena kurang tidur. Pasalnya, tidur juga memiliki pengaruh pada daya ingat seseorang. 

Ketika tidur, otak akan memilah-milah berabgai inforamsi yang Anda dapat selama beraktivitas. Setelah itu, barulah diputuskan mana inforamsi yang perlu disimpan dan dibuang.

 Manfaat tidur cukup dan teratur akan membantu Anda melancarkan proses mengingat sekaligus meningkatkan pemikiran kreatif.

  1. Memperpanjang harapan hidup

Percaya atau tidak, manfaat tidur yang cukup ternyata juga berkaitan dengan harapan hidup seseorang. Walau terkadang bisa juga dipengaruhi beberapa faktor lain, seperti penyakit bawaan.

Semakin sedikit waktu tidur Anda tiap malam, risiko mengalami kematian dini juga makin besar. Artinya, salah satu manfaat tidur yang bisa Anda dapatkan adalah memperpanjang harapan hidup.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat tidur cukup selanjutnya adalah untuk membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung. Layaknya sistem imun tubuh, organ jantung juga perlu mendapat istirahat agar dapat berfungsi maksimal.

Namun, tidur yang tidak cukup akan membuat tubuh melepaskan hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon stres yang bisa mengakibatkan jantung bekerja lebih keras. Oleh sebab itu, pastikan Anda mendapat tidur yang cukup setiap malamnya demi menjaga kesehatan jantung.

  1. Mempercantik kulit

Siapa sangka kalau manfaat tidur cukup juga bisa dirasakan dari sisi kecantikan. Ketika tidur, tubuh akan memperoduksi kolagen yang baru. Kolagen inilah yang membuat kulit Anda bisa tetap kenyal, kencang, serta awet muda.

Akan tetapi, bila waktu tidur Anda tidak cukup, asam hialuronat dan kolagen pada kulit akan pecah. Padahal keduanya punya peranan penting dalam mempercantik kulit. Jadi, kalau Anda ingin mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit, tidurlah yang cukup setiap malamnya.

Itulah berbagai manfaat tidur dan istirahat yang cukup bagi kesehatan serta kecantikan diri. Bagaimana pun, tidur merupakan salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Kalau dilakukan dengan cukup, niscaya Anda bisa memperoleh berbagai manfaat terbaiknya dengan maksimal. Akan lebih baik bila ditambah dengan kebiasaan rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat.

 

Image source : Photo by David Clode on Unsplash