Harga Kasur Busa Lebih Terjangkau, Tapi Apakah Lebih Nyaman?

Harga Kasur Busa Lebih Terjangkau, Tapi Apakah Lebih Nyaman?

Harga Kasur Busa Lebih Terjangkau, Tapi Apakah Lebih Nyaman?

Kalau diperhatikan, harga kasur busa di pasaran cenderung lebih murah ketimbang jenis kasur lain. Hal ini membuat banyak orang menjadikan kasur busa sebagai alternatif tempat tidur favorit. Ditambah lagi kasur busa juga terasa cukup nyaman untuk ditiduri. 

Akan tetapi, apakah kasur busa punya kenyamanan yang lebih baik daripada kasur lain seperti spring bed? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari kasur busa berikut. 

Kelebihan Kasur Busa

Harga Kasur Busa Lebih Murah

Secara harga, kasur busa memang dibanderol lebih murah ketimbang spring bed atau jenis kasur lainnya. Harga kasur busa yang murah tersebut dipengaruhi material yang digunakan. Umumnya kasur busa hanya terdiri dari bahan busa saja. Berbeda dengan kasur spring bed produksinya lebih mahal karena menggunakan beragam material khusus seperti pocket spring dan System Encasement Guard (SEG) yang digunakan pada kasur spring bed Ocean Springbed.

Kasur Busa Lebih Mudah Ditemukan 

Tidak sulit mendapatkan kasur busa. Kamu bisa menemukan toko yang menjual kasur busa di pusat kota atau pedesaan. Bahkan kamu juga bisa menemukannya di penjual kaki lima. Karena lebih mudah didapatkan, harga kasur busa pun jadi lebih murah dibanding kasur lainnya. 


Bobot Kasur Busa Lebih Ringan

Sesuai namanya, kasur busa menggunakan material busa sebagai bahan utamanya dan biasanya lebih tipis dibandingkan kasur spring bed. Tak heran kalau bobotnya begitu ringan. Ini pula yang membuat harga kasur busa lebih murah dan mudah didapatkan. Berkat bobot yang ringan itulah kasur busa jadi mudah dipindahkan. Sangat membantu ketika harus membersihkan atau menjemurnya. 

Kekurangan Kasur Busa

Permukaannya Terasa Panas Bila Digunakan Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Saat baru dibeli, kasur busa mungkin akan terasa empuk dan nyaman. Namun, semakin lama digunakan, permukaannya akan terasa makin panas. Oleh sebab itu, kasur busa tidak disarankan bagi orang yang tinggal di kawasan yang memiliki suhu panas. Karena akan membuatmu merasa kegerahan dan berkeringat saat tidur.

Rentan Terhadap Cairan

Meski harga kasur busa lebih terjangkau, namun kasur ini sangat rentan akan cairan. Entah itu air minum, ompol atau keringat. Karena itu, kamu harus ekstra hati-hati saat menggunakan kasur busa dan sangat dianjurkan untuk menggunakan lapisan waterproof mattress protector

JIka terkena cairan, kasur busa akan sangat sulit untuk dibersihkan dan perlu waktu yang lama untuk dikeringkan agar tidak timbul bau apek yang bisa mengganggu tidur. 


Kasur Busa Relatif Kurang Awet Dibandingkan Kasur Spring Bed

Inilah kekurangan terbesar dari kasur busa. Busa yang digunakan pada kasur busa biasanya memiliki tingkat kepadatan yang berbeda-beda. Semakin padat busanya atau pori-pori udara yang lebih sedikit maka umur dari kasur busa tersebut akan lebih panjang dan lebih nyaman saat ditiduri. 

Seiring waktu penggunaannya, pori-pori udara pada busa bisa menempel dan menyebabkan busa tidak bisa kembali seperti bentuknya semula dan tentunya akan merubah bentuk dari kasur tersebut. Jika sudah terjadi demikian dan tetap digunakan tidur, maka akan menyebabkan badan kamu jadi pegal-pegal. 

Saat hendak membeli kasur busa sangat dianjurkan untuk menanyakan jenis busa yang digunakan, yang terbaik tentunya High-Density Foam (HDF). Seperti jenis busa yang digunakan pada kasur lipat lantai EZ Bed dari Ocean Springbed.


Itulah penjelasan lengkap seputar kasur busa. Harga kasur busa memang lebih terjangkau daripada kasur lain, namun itu sesuai dengan kualitas yang didapat. Walau terasa nyaman di awal, lama-kelamaan bahan busanya bisa mengempis sehingga kualitas kasur akan berkurang. 

Sebagai salah satu investasi, tak ada salahnya mengeluarkan dana lebih untuk membeli kasur spring bed. Akan lebih baik lagi bila kamu memilih merk kasur yang memberi garansi jangka panjang, seperti Ocean Springbed. Karena Ocean Springbed berani memberi garansi hingga 15 tahun lamanya. Coba sekarang kasur Ocean Springbed yang sudah meraih penghargaan Superbrands 2021.