Checklist Rencana Acara Pernikahan Wajib Kamu Ketahui

Checklist Rencana Acara Pernikahan Wajib Kamu Ketahui

Checklist Rencana Acara Pernikahan Wajib Kamu Ketahui

Membuat perencanaan acara pernikahan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melangsungkan hari paling bahagia dalam hidupmu. Perencanaan ini akan membantumu mengatur setiap detail yang terlibat ketika sudah memasuki hari-H agar berjalan dengan sebagaimana yang diinginkan.

Merencanakan pernikahan memang terkesan menyenangkan, namun juga tidak mudah. Diperlukan banyak waktu, tenaga, pikiran dan dana agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. 

Kunci utamanya adalah teratur, teliti, dan sesuai anggaran. Berikut adalah checklist acara nikah yang wajib kamu ketahui.

Memilih Lokasi Yang Tepat Adalah Hal Pertama Dalam Checklist Acara Pernikahan

Perencanaan acara pernikahan yang pertama adalah memilih lokasi yang tepat. Makin cepat pemilihannya, kamu bisa mendapat tempat yang diinginkan. Kamu bisa mencari lokasi terbaik dengan mencari di internet atau  bertanya kepada keluarga dan keluarga.

Pertimbangkan baik-baik lokasi tersebut dengan budget pernikahan yang telah disiapkan. Pastikan harga yang ditawarkan sudah termasuk keseluruhan atau ada biaya tambahan lain. Pertimbangkan juga izin penggunaan dan mendekorasi ruangannya agar bisa diurus segera.

Perlu diingat bahwa memilih lokasi pernikahan dan resepsi sebaiknya dimulai sejak 12 bulan menjelang pernikahan. Sementara pemesanannya harus dilakukan maksimal satu bulan setelah kamu membuat keputusan.

Tentukan Tanggal Pernikahan

Perencanaan acara pernikahan selanjutnya adalah menentukan tanggal pernikahan. Dalam menentukan tanggal pernikahan tidak boleh sembarangan. Ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan, di antaranya ketersediaan tempat serta kondisi lalu lintas.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan para tamu yang akan hadir di acara pernikahan itu. Sebaiknya kamu memilih waktu yang memang bisa didatangi banyak orang, misalnya weekend atau hari libur nasional. Penentuan tanggal biasanya dilakukan berbarengan dengan waktu menentukan lokasi pernikahan. 

Memperkirakan Jumlah dan Ketersediaan Ruang Untuk Tamu

Kalau sudah menentukan lokasi dan penanggalan, perencanaan acara pernikahan lainnya adalah memperkirakan jumlah tamu yang akan datang. Terutama bila kamu memilih untuk menyewa gedung pernikahan. 

Pastikan ruang yang tersedia di lokasi bisa pas dengan kenyamanan tamu acara yang datang. Sebaiknya sediakan ruang sekitar 2-3 meter per tamu agar bisa menyesuaikan dengan kursi dan meja yang diperlukan.

Dalam memilih daftar tamu, sebaiknya gunakan metode ‘tingkatan prioritas’. Artinya, kamu harus lebih memprioritaskan keluarga dekat, teman baik, tetangga dekat, hingga rekan kerja sebagai tamu pernikahan. 

Perlu diketahui juga kalau biasanya sekitar 10-20 persen tamu yang diundang kemungkinan tidak akan hadir karena berbagai alasan. Ini bisa jadi pertimbangan penting dalam menentukan anggaran perencanaan pernikahanmu.

Tetapkan Anggaran Pernikahan

Ini merupakan perencanaan acara pernikahan yang sangat penting. Kamu dan pasangan harus mepertimbangkan matang-matang berapa total anggaran yang akan dikeluarkan untuk pernikahan dan resepsi.

Yang harus diingat adalah bahwa kamu perlu realistis terkait hal ini. Memang pernikahan adalah salah satu hari paling istimewa dalam hidup seseorang. Namun, bukan berarti kamu boleh menghambur-hamburkan uang begitu saja, di luar dari anggaran yang dimiliki.

Ingatlah bahwa setelah pesta pernikahan yang berbahagia itu, asih ada hari-hari indah yang harus kalian jalani sebagai pasangan. Jangan sampai kebahagiaan itu rusak ‘hanya’ karena harus membayar tagihan acara pernikahan yang sebenarnya tidak masuk rencana.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu dan pasangan menggunakan pendanaan pribadi dan tidak membebani orang lain. Kecuali bila situasinya sudah begitu mepet, kamu bisa meminta bantuan orang tua atau calon mertua untuk mendanai paling tidak setengahnya. 

Pertimbangkan Berbagai Biaya Tak Terduga

Meski dalam perencanaan acara pernikahan sudah ditentukan anggaran yang harus dikeluarkan, terkadang ada saja situasi yang mengharuskan mengeluarkan biaya tak terduga. Dalam hal ini, kamu bisa mengalokasikan tambahan sebesar 5 hingga 10 persen dari biaya masing-masing, seperti mencetak undangan, atau kebutuhan tambahan menjahit.

Dokumentasi dan Hiburan

Sebagai salah satu momen sakral, tentu dokumentasi harus dimasukkan dalam perencanaan acara pernikahan. Sebaiknya kamu pertimbangkan menyewa jasa fotografer atau videographer professional untuk hari istimewa ini.

Dengan begitu, kamu bisa mengenalkan mereka untuk mengumpulkan beragam dokumentasi , baik foto maupun video, untuk dilihat di kemudian hari. Kamu bisa meminta rekomendasi dari teman atau keluarga yang baru menikah dan meminta portfolionya.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan hiburan selama proses pernikahan. Kamu bisa memilih menggunakan orchestra, band, DJ, atau sebagainya sesuai selera. Aspek satu ini wajib dipesan setidaknya 10 bulan sebelum hari-H agar bisa kebagian.

Hidangan dan Souvenir

Perencanaan acara pernikahan terakhir yang wajib kamu ketahui adalah dalam menyiapkan hidangan dan souvenir. Usahakan mencari hidangan yang umum disenangi para tamu, dengan menyesuaikan kemampuanmu juga. Kamu harus fokus pada aspek ini setidaknya 6 bulan menjelang hari-H.

Jangan lupakan juga soal souvenir. Cinderamata ini bisa menjadi salah satu bentuk terima kasih kepada para tamu yang hadir, sekaligus untuk membuat mereka tetap ingat akan pesta pernikahanmu. Sebaiknya pilih souvenir yang memberi kesan dan fungsional agar lebih bermanfaat bagi para tamu.

Demikian 7 checklist acara pernikahan yang wajib kamu ketahui. Memang bukan hal mudah dalam mempersiapkan acara nikah yang sukses. Diperlukan rencana matang agar semuanya berjalan lancar hingga selesai.

Agar tidak drop ketika harus menyiapkan hal tersebut, pastikan kamu dan pasangan beristirahat yang cukup dengan kasur springbed terbaik dari Ocean Springbed. Coba sekarang kasur Ocean Springbed yang sudah meraih penghargaan Superbrands 2021.