8 Tips Renovasi Kamar Tidur Low Budget Tapi Tetap Nyaman

8 Tips Renovasi Kamar Tidur Low Budget Tapi Tetap Nyaman

8 Tips Renovasi Kamar Tidur Low Budget Tapi Tetap Nyaman

Pernahkah Anda merasa bosan dengan kondisi kamar tidur Anda? Akibatnya, Anda bisa mengalami gangguan tidur seperti insomnia karena istirahat yang kurang nyaman. Solusi terbaiknya, Anda perlu memperbarui interior ruangan alias melakukan renovasi kamar tidur.

Anda mungkin merasa khawatir akan besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendekorasi ulang kamar tidur. Memang biaya renovasi kamar tidur tidaklah murah. Tetapi beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk melakukan renovasi kamar tidur dengan biaya murah dan nyaman. Simak ulasannya sebagai berikut.

Cukup Beli Dekorasi Dasar dan Fungsional 

Pada dasarnya, kamar tidur difungsikan sebagai tempat istirahat dan bersantai dari aktivitas sehari-hari. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan penerapan dekorasi agar mendapat tidur berkualitas.

Ketika melakukan renovasi kamar tidur, sebaiknya terapkan dekorasi esensial yang tidak berlebihan agar tidak memberikan kesan sumpek.  Anda bisa menggunakan rak bertingkat untuk meletakkan aneka pajangan serta foto. Dengan begitu, kamar Anda akan tampak lebih rapi dan nyaman.

Jahit Gorden Sendiri Untuk Dekorasi Kamar Tidur Low Budget

Salah satu item yang paling mempengaruhi suasana kamar adalah gorden. Setelah digunakan selama bertahun-tahun, tirai kamar tentunya akan berubah warna sehingga tidak menarik seperti sebelumnya.

Daripada membeli kain gorden yang mahal, tak ada salahnya Anda menjahit sendiri. Belilah kain fabric yang harganya murah, lalu jahit sesuai model yang Anda inginkan. Anda dapat mempelajari caranya melalui internet atau bertanya pada kerabat yang ahli dalam bidang ini.

Mengecat Ulang Dinding Kamar

Cara sederhana lain untuk renovasi kamar tidur aesthetic low budget adalah dengan mengganti warna cat dindingnya. Untuk menghemat biaya, Anda dapat mengecat dinding kamar tidur sendiri, tanpa perlu menyewa tenaga tambahan.

Kuncinya adalah memperhatikan kombinasi warna pada elemen yang digunakan. Pastikan juga warna dinding senada dengan warna sprei dan tirai. Alternatif lainnya, Anda bisa memasang wallpaper pada dinding kamar. Dengan begitu, tampilan ruangan Anda akan tampak lebih sempurna tanpa perlu mengeluarkan bujet besar.

Cukup Menata Ulang Furniture 

Langkah terbaik untuk mengubah tampilan kamar tidur adalah dengan menata ulang furniture-nya. Mulai dari lemari, kasur, hingga rak. Anda bisa menggeser beberapa furniture ke area berbeda untuk memperoleh suasana baru.

Tak ada salahnya Anda membuang beberapa dekorasi atau furniture yang dirasa sudah tidak digunakan lagi. Keberadaan barang-barang tersebut akan membuat kamar Anda tampak lebih sempit. 

Manfaatkan Kembali Furniture Yang Masih Bisa Dipakai Untuk Dekorasi Kamar Tidur Low Budget

Ingatlah bahwa renovasi kamar tidur bukan berarti Anda harus mengganti seluruh isi barang di dalamnya. Anda cukup melakukan beberapa perubahan untuk memperbaiki suasana kamar agar tidur lebih nyaman.

Supaya tidak mengeluarkan budget besar, Anda bisa terus memanfaatkan aneka furniture dan dekorasi yang sekiranya masih bisa dipakai. Misalnya kasur, meja, lemari pakaian, lukisan, dan sebagainya. Cukup dikreasikan untuk membuatnya tampak makin menarik atau sekadar dipindahkan posisinya ke area lain.

Pertimbangkan Memakai Lampu Low Watt

Sumber penerangan menjadi salah satu kunci penting yang mempengaruhi kenyamanan kamar tidur. Anda bisa memilih lampu dengan warna cahaya yang menenangkan, seperti warna kuning untuk mendapat istirahat yang berkualitas.

Selain itu, lampu warna kuning juga bisa membuat suasana ruangan kamar menjadi lebih hangat. Kendati demikian, Anda bisa memilih warna lampu lain sesuai preferensi dan tema ruangan. Namun, pastikan kalau lampu tersebut memiliki watt yang rendah agar bisa menghemat biaya listrik.

Do it Yourself Untuk Dekorasi Kamar Tidur Low Budget

Jika Anda memiliki keterampilan di bidang menjahit, ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Di mana Anda bisa menjahit beberapa item, seperti sarung bantal serta bedcover sendiri. Tentunya ini akan menghemat anggaran yang harus dikeluarkan dalam renovasi kamar tidur. 

Pilihlah kain dengan warna yang soft dan senada dengan nuansa kamar tidur Anda. Dengan begitu, Anda bisa memberi tampilan yang lebih segar dan baru di dalam ruangan.

Sementara bagi Anda yang tidak pandai menjahit, tak perlu khawatir. Anda masih bisa membeli sarung bantal dan bedcover di toko. Supaya lebih awet, sebaiknya Anda membeli produk berkualitas tinggi.

Fokuskan Pada Satu Tujuan

Sebelum melakukan renovasi kamar tidur, pertimbangkan baik-baik apa yang akan menjadi fokus atau tujuan Anda. Mengapa Anda ingin melakukan renovasi kamar tidur? Untuk melakukan perbaikan atau sekadar memperbarui suasana kamar saja?

Dengan mengetahui alasannya, Anda bisa lebih fokus pada suatu tujuan ketika melakukan renovasi kamar tidur. Misalnya membersihkan sumber serangga di dalam kamar atau membersihkan jamur pada karpet dan dinding. 

Sebaiknya Anda lebih mengutamakan perbaikan ketimbang membeli baru. Jadi, Anda akan bisa menghemat biaya renovasi kamar tidur yang diperlukan.

Itulah 8 tips renovasi kamar tidur low budget tapi tetap nyaman. Melalui perencanaan yang maksimal, Anda dapat melakukan berbagai pembaruan di dalam kamar walau kantong tipis. Dengan begitu, Anda bisa kembali memperoleh kualitas tidur yang maksimal serta terhindar dari insomnia. Selamat mencoba!