8 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Sederhana dan Aesthetic

8 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Sederhana dan Aesthetic

8 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Sederhana dan Aesthetic

Pernahkah Anda merasa tidak nyaman karena ruang kamar yang terlalu sempit dan terbatas? Kalau kondisi ini dibiarkan, hal ini bisa mempengaruhi kualitas tidur dan istirahat Anda. Oleh sebab itu, cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan menata kamar tidur sempit tersebut hingga jadi tampak lega dan nyaman.

Menata kamar tidur sempit sederhana agar tampak aesthetic sebenarnya bukanlah perkara sulit. Kuncinya adalah memainkan desain dan kreativitas sehingga bisa menciptakan ruang yang nyaman dan lapang untuk beristirahat.

Nah, berikut kami rangkum beberapa tips menata kamar tidur sempit sederhana agar tampak lebih luas dan aesthetic. 

Menata Kamar Tidur Sempit Dengan Mengatur Pencahayaan

Kebanyakan orang kerap menyepelekan pengaturan pencahayaan di dalam ruangan mereka. Padahal penerangan yang baik sangat diperlukan dalam menata kamar tidur sempit sederhana. Cahaya yang terlalu redup atau gelap justru akan membuat kamar Anda jadi makin sempit dan sumpek.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa tidak ada yang menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Tujuannya untuk membuat kamar tidur minimalis Anda tampak lebih segar dan luas, terutama di siang hari.

Selanjutnya, Anda perlu memanfaatkan penerangan dari lampu untuk membuat langit-langit kamar tidur terasa lebih tinggi dari biasanya. Caranya dengan membuat pencahayaan dari bawah ke atas.

Sangat disarankan untuk memilih lampu yang memiliki cahaya warna putih. Perhatikan juga pemilihan watt dari lampu tersebut. Karena hal itu dapat memengaruhi nuansa yang tercipta dalam menata kamar tidur sempit. 

Pilih Warna Cat Dinding Yang Tepat Untuk Kamar Tidur Sempit

Cara menata kamar tidur sempit selanjutnya adalah terkait dengan pemilihan warna cat yang diterapkan. Warna cerah seperti putih (putih susu, putih tulang, broken white) dan pastel merupakan pilihan tepat untuk menciptakan kesan lapang dan luas di dalam ruangan.

Penerapan warna tersebut bukan hanya untuk bagian dinding ruangan saja, melainkan juga furniture dan perabotan di dalam kamar. Pilihlah warna yang senada untuk menampilkan kesan elegan dan menawan. Misalnya ranjang warna coklat muda dengan sprei putih. 

Supaya tidak terlalu monoton, Anda bisa menambahkan beberapa pilihan aksen berwarna lainnya. Misalnya tanaman hijau berukuran kecil dan sebagainya. Trik menata kamar tidur ini juga akan membuat ruangan terasa lebih sejuk dan asri.

Kamar Tidur Sempit Tidak Dianjurkan Menggunakan Headboard

Percaya atau tidak, kebanyakan model headboard justru akan membuat kamar tidur Anda yang sempit makin terasa sumpek. Alhasil, Anda tentunya akan semakin merasa tidak nyaman ketika berada di dalam ruangan tersebut.

Alih-alih menggunakan headboard, tak ada salahnya Anda coba menerapkan alternatif lain, seperti wall art, atau mural. Selain itu, Anda juga dapat memakai rak gantung di atas kasur sebagai tambahan tempat penyimpanan. Bukan hanya membuat kamar tidur tampak lebih luas, cara ini juga dapat membuat suasana ruangan jadi tampak menarik.

Kendati demikian, sebaiknya Anda tidak terlalu berlebihan dalam menata kamar tidur dengan wall art, wall mural, maupun rak gantung. Karena ini akan membuat ruangan kamar terasa makin penuh dan sesak.

Gunakan Gunakan ranjang tidur yang rendah

Dalam strategi menata kamar tidur sempit yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan ranjang kasur yang digunakan. Untuk kamar sempit, sangat disarankan memilih ranjang kasur yang rendah.

Hal ini karena model ranjang kasur yang rendah bisa membuat kamar terasa lebih lapang. Sebaliknya, ranjang berukuran tinggi justru kan memberi tampilan kamar semakin semakin padat dan sumpek, khususnya pada ruangan minimalis.

Untungnya bukan perkara sulit untuk mencari tempat tidur berukuran rendah. Sudah banyak toko online dan offline yang menyediakan aneka ranjang kasur rendah seperti Ocean Springbed. Tak perlu khawatir karena semua produk di Ocean Springbed dibuat dengan bahan berkualitas sehingga membuat tidur malam Anda jadi lebih maksimal.

Tempatkan Kasur di Pinggir Ruangan

Meski terkesan sepele, ternyata posisi tempat tidur juga bisa mempengaruhi kesan yang ditampilkan dalam kamar. Kalau sembarangan menempatkan kasur, ruangan kamar tidur Anda bisa terasa makin sumpek dan sempit.

Posisi kasur yang disarankan dalam menata kamar tidur sempit sederhana adalah di bagian pinggir atau pojok ruangan. Hal ini memungkinkan Anda mendapat space yang lebih luas untuk meletakkan berbagai furniture lain, seperti meja dan karpet.

Meski begitu, pastikan Anda tidak memakai banyak ornamen bermotif untuk kamar tidur yang minimalis. Karena itu akan membuat ruangan tampak terlalu ramai. Sebaiknya gunakan furniture atau dekorasi polos atau bermotif sederhana agar kamar terkesan lebih luas.

Pertimbangkan Penggunaan Mezzanine

Ingin memiliki area kerja di kamar tidur minimalis? Tentu bisa. Anda dapat coba memanfaatkan mezzanine pada interior kamar untuk menciptakan tambahan space di dalam satu ruangan sempit sekalipun.

Mezzanine sendiri merupakan tingkatan lantai tertentu yang ada pada sebuah bangunan. Sebagiannya dibiarkan terbuka atau tidak mencakup seluruh bagian ruangan tersebut. Itulah mengapa mezzanine tampak seolah membagi sebuah ruangan menjadi dua bagian berbeda.

Dengan menggunakan mezzanine, Anda bisa mendapatkan area beristirahat sekaligus ruang kerja pada satu tempat yang sama. Supaya dapat lebih leluasa bergerak, pastikan Anda memilih meja kerja yang ukurannya tidak terlalu besar. 

Singkirkan Furniture atau Perabotan yang Tidak Diperlukan

Apa Anda termasuk orang yang tidak bisa menahan diri ketika melihat perabotan atau furniture unik? Kalau begitu, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Karena bagaimanapun, hal itu akan membuat kamar Anda terasa makin sumpek dan sempit.

Apabila Anda sudah terlanjur membeli banyak barang, pertimbangkan untuk menyingkirkan beberapa barang yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Karena kalau terus ditumpuk, lama-kelamaan Anda bisa bingung harus menaruhnya di mana.

Cara menata kamar tidur yang banyak barang ini sangat tepat untuk membuat kamar Anda terlihat luas lagi. Setelah ruangan kembali tertata, pastikan Anda coba belajar menahan diri supaya hanya membeli kebutuhan yang diperlukan saja.

Gunakan Cermin Berukuran Besar

Tips menata kamar tidur sederhana yang terakhir adalah dengan memanfaatkan cermin berukuran besar. Selama ini, cermin seringkali dipakai untuk membantu seseorang berhias atau mengoreksi penampilan. Di sisi lain, item ini juga bisa membuat sebuah ruangan tampak lebih luas.

Pasalnya, cermin dapat memantulkan cahaya sehingga menciptakan ilusi optik di sebuah ruangan. Karena itulah banyak orang yang menyarankannya untuk diletakkan pada ruangan minimalis. Supaya dapat menambah estetika ruangan, pilihlah cermin yang memiliki desain unik dan menarik. 

Saat ini, ada beragam pilihan cermin yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Salah satunya cermin full-body.Untuk mendapat hasil lebih maksimal, Anda dapat menggantungnya pada bagian sisi kasur. Bisa juga dengan memilih lemari pakaian yang memang sudah dilengkapi dengan cermin.

Itulah beberapa cara menata kamar tidur agar terlihat indah dan aesthetic. Pada dasarnya, membuat desain ruangan sempit jadi tampak lebih luas dan lega bukanlah perkara sulit. Karena dengan beberapa trik sederhana saja, Anda sudah bisa menghadirkan nuansa ruang tidur yang nyaman. Selamat mencoba!