7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis 3x3 Meter

7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis 3x3 Meter

7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis 3x3 Meter

Kamar tidur minimalis 3x3 memang bukan terbilang ruangan yang luas dan besar. Meski begitu, inilah yang menjadi favorit bagi kaum milenial saat ini. Biasanya ruangan kamar tidur 3x3 dimiliki oleh rumah tipe 36 yang cenderung minimalis.

Kendati demikian, Anda tetap bisa menciptakan kamar tidur 3x3 yang menarik dan elegan. Kuncinya adalah tata letak, serta pemilihan warna dan furniture. Memang hal ini bukan perkara mudah, namun terasa menyenangkan untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin menerapkan desain kamar tidur 3x3 supaya tampak lebih catchy dan menawan.

Menerapkan Warna Putih di dalam Kamar Tidur Minimalis 3x3 meter

Tips desain kamar tidur 3x3 yang pertama adalah berkaitan dengan pewarnaan dindingnya. Bagi Anda yang tinggal di hunian minimalis, sangat disarankan menggunakan cat tembok berwarna putih polos atau krem muda. Termasuk pada plafon kamar tidur 3x3 tersebut.

Penggunaan warna-warna tersebut dianggap mampu menciptakan kesan luas dan bersih dari ruangan Anda. Di samping itu, hal ini juga bisa menonjolkan dekorasi dan furniture yang ada di dalam kamar tidur Anda. 

Gunakan tempat tidur yang ukurannya sesuai

Salah satu kunci pada desain interior kamar tidur 3x3 adalah pemilihan tempat tidurnya. Untuk ruangan minimalis, hindari penggunaan tempat tidur yang ukurannya terlalu luas. Karena hal ini akan membuat kamar Anda terasa sempit dan sumpek.

Disarankan untuk memilih model tempat tidur tanpa headboard besar dan beralas rendah, seperti kasur ala Jepang. Sebaiknya juga Anda pilih kasur yang memiliki rangka bawah serba guna. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai media penyimpanan beberapa item sekaligus menghemat ruangan.

Pertimbangkan jendela berukuran besar

Tahukan Anda kalau model jendela berukuran besar ternyata bisa membuat ruangan minimalis terasa lebih luas? Pada kamar tidur 3x3, jendela dengan ukuran besar memungkinkan banyak sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Itulah yang kemudian membuat kamar jadi tampak lebih terang serta membuatnya tampak lebih luas. Tidak hanya itu, pandangan Anda akan jadi lebih jauh ke luar sehingga interior kamar tidur 3x3 Anda akan terasa lebih besar.

Memanfaatkan Furnitur Multifungsi Pada Kamar Tidur 3x3 meter

Pemilihan furniture seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang memiliki kamar tidur minimalis. Kebanyakan orang merasa khawatir tentang ukuran furniture tersebut, apakah sudah pas, atau malah terlalu besar/kecil?

Namun bagaimanapun, Anda tetap memerlukan furniture di dalam kamar tidur 3x3 tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah model furniture simpel dan multifungsi yang dapat menghemat ruang dan tidak memenuhi kamar Anda.

Dalam hal ini, Anda harus mengutamakan fungsi dari furniture ketimbang kemewahan desainnya. Contohnya adalah ranjang tempat tidur yang disertai laci-laci kabinet penyimpanan, atau meja belajar sekaligus nakas.

Pasang cermin berukuran besar

Hampir semua orang menjadikan cermin sebagai salah satu item wajib di kamar tidur mereka. Termasuk pada kamar tidur ukuran 3x3. Karena cermin dapat membuat ruangan minimalis Anda menjadi terlihat lebih besar. 

Akan lebih baik bila cermin yang digunakan memiliki ukuran besar. Paling tidak seukuran dinding di kamar 3x3 Anda. Kalau tidak punya, Anda bisa memanfaatkan cermin yang terdapat pada pintu lemari baju. 

Terapkan pencahayaan yang lembut dan kalem

Menginginkan interior kamar 3x3 mewah dan Instagramable? Kalau begitu Anda perlu memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan. Pilihlah lampu putih sebagai sumber pencahayaan utama untuk memberi penerangan di ruangan secara keseluruhan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai lampu kecil warm tone seperti kuning. Tujuannya guna menghasilkan pencahayaan yang romantis dan lembut, sekaligus memberikan suasana nyaman ketika tidur di malam hari. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di dalam kamar!

Manfaatkan Bagian Sudut Ruangan

Memiliki kamar tidur minimalis berarti Anda perlu memanfaatkan segala area lapang di dalam ruangan. Termasuk bagian sudut ruangan. Anda bisa menggunakan bagian kosong di sudut ruangan untuk meletakkan berbagai furniture, seperti televisi atau meja rias. 

Cara lainnya, Anda bisa menempatkan tempat tidur di dekat jendela atau bawah jendela. Selain menghemat ruang, hal ini bisa memperlancar sirkulasi udara ketika Anda tidur di dalam kamar.

Demikian beberapa tips desain kamar tidur minimalis 3x3 yang stylish dan aesthetic. Meski terkesan minimalis dan terbatas, Anda tetap bisa mendekorasi ruang tidur yang ideal dan tidak murahan. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi untuk Anda.