5 Rutinitas Sebelum Tidur untuk Orang Dewasa

5 Rutinitas Sebelum Tidur untuk Orang Dewasa

5 Rutinitas Sebelum Tidur untuk Orang Dewasa

Tiap orang memiliki rutinitas sebelum tidurnya masing-masing. Rutinitas itu terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan secara sadar. Secara tidak langsung, rutinitas sebelum tidur juga dapat mempengaruhi kualitas tidurmu.

Untuk mendapat waktu istirahat yang lebih berkualitas, sebaiknya rutinitas tidur dilakukan 30 menit menjelang tidur. Dengan begitu, tidurmu pun akan lebih rileks dan nyaman. Berikut adalah rutinitas sebelum tidur yang biasa dilakukan orang dewasa untuk tidur lebih nyenyak.

Membaca Buku Sudah Menjadi Rutinitas Sebelum Tidur Terfavorit

Salah satu rutinitas tidur yang banyak dilakukan orang dewasa adalah membaca buku. Dalam hal ini, yang paling baik adalah membaca buku cetak, bukan online. Karena radiasi yang terpancar dari layar gadget dapat mempengaruhi ritme tidur seseorang.

Perlu diingat, isi buku yang dibaca kemungkinan bisa masuk ke dalam mimpi seseorang. Oleh sebab itu, disarankan membaca buku yang isinya asyik dan santai.  Mimpi yang indah akan membuat tubuh jadi terasa segar dan bersemangat ketika bangun di pagi hari.

Merencanakan Hari Esok

Ketika sedang rebahan di atas kasur, terkadang kita sering memikirkan banyak hal. Salah satunya merencanakan hari esok. Tidak perlu memikirkan hal rumit atau serius. Cukup buat rencana kegiatan sederhana, misalnya “besok harus masak apa?” atau “besok pakai baju apa?”.

Rutinitas tidur ini dapat jadi pegangan untukmu ketika memasuki hari esok. Persiapan yang matang akan membantumu menyelesaikan segala aktivitas dengan baik. Jadi, tak ada salahnya membiasakan diri membuat perencanaan hari esok sebelum tidur. 

Mendengarkan Radio atau Podcast

Siaran radio merupakan salah satu media hiburan yang disukai banyak orang, bahkan hingga sekarang. Radio biasa memperdengarkan lagu yang sedang ramai digemari. Ada pula cerita-cerita menarik dari penyiar atau kiriman pendengar. 

Selain radio, podcast juga sedang populer di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Podcast punya konsep yang mirip dengan radio, yakni memperdengarkan suara. Biasanya podcast berisi pembicaraan mengenai topic yang masih hangat. Perbincangan radio dan podcast bisa menjadi rutinitas sebelum tidur terbaik untuk mengantarmu ke alam mimpi lebih cepat.

Mengingat Kejadian Hari Ini

Menjelang tidur, tak ada salahnya coba mengingat-ingat kembali tentang berbagai kejadian yang telah kamu jalani hari ini. Tidak perlu yang terlalu detail. Cukup kegiatan sepele, seperti membeli nasi uduk di perjalanan kerja atau mampir ke toko buku sepulang kerja.  

Rutinitas tidur ini juga bertujuan melatih kemampuan otak kamu untuk mengingat banyak hal. Makin tajam ingatanmu, risiko pikun bisa lebih dihindari. Selain itu, mengingat kejadian hari ini juga dapat menjadi refleksi bagi diri sendiri agar bisa jadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Kebanyakan orang menghindari makan sebelum tidur karena khawatir berat badan akan naik dan membahayakan kesehatan. Padahal mengonsumsi makanan sebelum tidur tidak masalah, selama bukan makanan berat.

Kamu boleh mengonsumsi makanan ringan yang sehat seperti potongan buah stroberi sebagai rutinitas sebelum tidur. Bisa juga ditambahkan dengan teh herbal bebas kafein yang bisa memberi efek rileks dan nyaman untuk tidur. 

Itulah beberapa rutinitas sebelum tidur yang biasa dilakukan orang dewasa. Meski terkesan sepele, kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata mempunyai berbagai manfaat positif bagi tubuh. Kualitas tidur pun bisa meningkat dan tetap terjaga. 

Pemilihan kasur yang baik juga dapat memberi tidur yang berkualitas. Salah satunya kasur spring bed dari Ocean Springbed. Coba sekarang kasur Ocean Springbed yang sudah meraih penghargaan Superbrands 2021.