8 Tren Dekorasi Kamar Anak di Tahun 2022, Lucu dan Stylish!

8 Tren Dekorasi Kamar Anak di Tahun 2022, Lucu dan Stylish!

8 Tren Dekorasi Kamar Anak di Tahun 2022, Lucu dan Stylish!

Setiap tahun, selalu ada saja tren dekorasi berbeda dan selalu dinantikan banyak orang. Termasuk dekorasi kamar anak. Memang tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga sangat senang bila diajak mendekorasi kamar tidur mereka sendiri. Kegiatan ini dapat membantu dalam mengekspresikan diri sekaligus mengasah imajinasi mereka.

Tidak hanya itu, si kecil akan merasa betah berdiam diri di dalam kamar tidur yang mereka dekorasi sendiri. Alhasil, hal ini juga bisa membantu mereka untuk mendapat jam tidur dan istirahat yang berkualitas. 

Tak perlu bingung. Anda dapat menemukan ragam tren dekorasi kamar anak tahun 2022 di internet. Berikut ini kami rangkum beberapa referensi untuk membuat ruang tidur anak Anda menjadi tampak lucu dan stylish.

Dekorasi kamar anak minimalis

Hampir semua anak menyukai konsep desain yang ramai dan penuh warna. Meski demikian, dekorasi kamar anak minimalis ternyata masih tetap menjadi tren yang diminati si kecil di tahun 2022. 

Warna putih menjadi salah satu pilihan populer yang banyak diminati untuk dekorasi kamar anak tahun 2022 ini. Pasalnya warna putih dianggap mampu membuat ruangan terlihat lebih bersih dan tampak luas. 

Supaya tidak monoton, Anda bisa menambahkan berbagai furniture dan aksesori lain dengan warna senada atau terang. Tujuannya untuk meningkatkan pencahayaan di dalam kamar. Selain itu, potongan kayu dianggap mampu membuat ruangan terasa lebih hangat.

Dekorasi kamar anak motif binatang

Masa kanak-kanak adalah waktu terbaik bagi si kecil untuk belajar mengenai beberapa hal. Termasuk tentang nama-nama hewan. Anak-anak pun banyak yang menyukai makhluk fauna tersebut dan biasanya sudah memiliki jenis favoritnya sendiri. Itulah mengapa dekorasi kamar anak dengan motif binatang menjadi salah satu tren di tahun 2022 ini.

Anda dapat meminta anak untuk memilih jenis hewan yang disukainya, baik hewan darat, laut, udara, atau purbakala. Ajaklah mereka menghias kamar tidurnya dengan motif hewan tersebut. Bisa dengan wallpaper, spidol, lukisan dan sebagainya.

Motif binatang bukan hanya mampu memberi pengetahuan pada si kecil, melainkan juga membawa kehidupan, warna, serta keindahan pada kamar tidur anak. Tentunya hal ini akan membuat mereka betah dan nyaman berada di dalam kamar.

Dekorasi kamar anak kombinasi warna terang dan gelap

Bosan dengan warna cerah? Bagaimana kalau pertimbangkan kombinasi antara warna terang dan gelap? Karena perpaduan kedua warna tersebut dapat menciptakan efek dramatis dan ciamik pada kamar tidur anak Anda.

Kuncinya adalah dengan memainkan warna monokrom yang dapat menampilkan kesan menarik. Tidak hanya untuk dekorasi kamar anak laki-laki, cara ini juga dapat diterapkan untuk dekorasi kamar anak perempuan. Penggunaan warna cerah di dalamnya akan membuat area kamar tampak lebih bersih dan lembut. 

Dekorasi kamar anak motif alam

Bukan hanya hewan, tidak sedikit anak yang menyukai dunia flora. Itulah mengapa dekorasi kamar anak bertema alam masih menjadi tren di tahun 2022. Seperti motif hewan, desain natural ini juga dapat membantu merangsang kreativitas dan rasa ingin tahu si kecil.

Tidak hanya itu, dekorasi kamar anak motif alam juga bisa mengembangkan imajinasi anak sekaligus kemampuannya dalam bercerita. Tersedia beragam model dekorasi bertema natural yang dapat Anda terapkan di kamar si kecil. Sebut saja wallpaper bertema pemandangan alam atau stiker berbentuk gunung.

Sebaiknya hindari penggunaan tanaman hias atau sintetis bila Anda ingin mengusung tema alam. Karena anak-anak kadang terlalu aktif bermain hingga berisiko membuat berbagai benda di sekelilingnya jadi berantakan.

Dekorasi kamar anak dengan mural

Sudah jadi rahasia umum kalau anak-anak menyukai segala hal yang penuh warna dan berukuran besar. Karena itulah mural menjadi salah satu tren dekorasi kamar anak yang populer di tahun 2022.

Selain indah, mural juga menjadi elemen kreatif dan menyenangkan yang mampu mengembangkan imajinasi si kecil. Agar terkesan lebih rapi, pastikan Anda hanya memilih satu bagian dinding di dalam ruangan untuk dihias dengan mural. 

Setelah menemukan bagian dinding yang diinginkan, Anda dapat mengajak si kecil untuk melukis dengan tangan. Anda juga bisa menyewa tenaga profesional, tetapi tentunya akan lebih berkesan bila dilakukan bersama dengan si buah hati.

Ada beberapa referensi gambar yang bisa Anda pilih sebagai visual mural. Mulai dari motif alam, hewani, laut, ruang angkasa, dan sebagainya. Mintalah si kecil untuk memutuskan sendiri dalam mengambil keputusan ini. Hal ini dapat menambah rasa percaya diri mereka. 

Dekorasi kamar anak dengan wallpaper

Selain mural, pilihan lain yang jadi tren dekorasi kamar anak di tahun 2022 adalah menggunakan wallpaper. Pemasangan kertas dinding ini sebenarnya bisa jadi pilihan tepat untuk segala ruangan di dalam rumah. Salah satunya kamar tidur anak.

Dekorasi ini tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Kendati demikian, wallpaper seolah tidak pernah terasa ketinggalan zaman. Bahkan selalu membuat suatu ruangan jadi tampak kekinian dan nyaman.

Penggunaan wallpaper banyak disukai karena memungkinkan Anda memperoleh banyak hal menarik tanpa perlu menginvestasikan banyak waktu dan uang. Bagian menariknya, Anda bisa mendapat banyak pilihan motif dan desain dari wallpaper ini. Salah satunya wallpaper 3D yang memiliki tekstur sehingga mampu memberi tampilan menarik dalam interior kamar anak.

Anda dapat melibatkan si kecil dalam pemasangan wallpaper di kamar tidurnya. Kalau bingung, sebaiknya cari terlebih dahulu bagaimana cara mengaplikasikannya di internet. Bisa juga meminta bantuan profesional untuk mendapat hasil pemasangan yang lebih maksimal.

Dekorasi kamar anak dengan furniture multifungsi

Di tahun 2022 ini, banyak orang yang memilih rumah minimalis sebagai opsi huniannya. Karena ukurannya yang tidak terlalu luas, Anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan ketersediaan ruang di dalamnya. Begitu pun untuk mendekorasi kamar anak.

Salah satu cara terbaik untuk mengakomodir kebutuhan di kamar anak yang terbatas adalah dengan memanfaatkan furniture multifungsi. Misalnya lemari pakaian dengan cermin besar atau tempat tidur yang disertai rak penyimpanan.

Penggunaan berbagai perabotan tersebut akan membantu Anda menghemat ruang yang tersedia. Ruangan kamar tidur anak pun akan terasa lega sehingga bisa memberi space bagi si kecil untuk bermain di sana.

Dekorasi kamar anak tanpa dipan

Tren dekorasi kamar anak yang populer di tahun 2022 terakhir adalah penggunaan kasur tanpa ranjang atau dipan. Cara ini sangat disarankan bagi keluarga yang baru saja memiliki anak. 

Selain tentang keindahan, penggunaan kasur tanpa dipan juga menjadi solusi untuk memberi keamanan bagi anak. Pasalnya, anak-anak cukup rentan terjatuh dari tempat tidur. Dengan memakai kasur seperti ini, kemungkinan tersebut dapat diminimalisir.

Itulah beberapa tren dekorasi kamar anak yang populer di tahun 2022. Apakah ada di antara tren-tren tersebut yang ingin coba Anda terapkan di rumah? Bagaimana pun pilihan Anda, sebaiknya melibatkan si kecil untuk mengembangkan kreativitas dan rasa percaya diri mereka. Selamat mencoba!