6 Tips Feng Shui Kamar Tidur Untuk Kesehatan dan Kesuksesan

6 Tips Feng Shui Kamar Tidur Untuk Kesehatan dan Kesuksesan

6 Tips Feng Shui Kamar Tidur Untuk Kesehatan dan Kesuksesan

Feng shui dikenal sebagai suatu filosofi kuno China yang diyakini dapat mendorong keseimbangan energi antara seseorang dengan lingkungannya. Seringkali feng shui dijadikan sebagai panduan dalam penataan ruangan, seperti kamar tidur, untuk memberi energi positif.

Energi positif dari feng shui kamar tidur diyakini dapat membantu Anda mencapai kesehatan hingga kesuksesan dalam keuangan dan karier. Penataan yang dimaksud bisa berupa penempatan barang, pencahayaan, hingga pemilihan warna. Berikut adalah beberapa tips feng shui kamar tidur untuk kesehatan dan kesuksesan.

Feng Shui Juga Menyarankan Penggunaan Warna Yang Tepat

Dalam feng shui kamar tidur, warna-warna tertentu dianggap dapat meningkatkan sensualitas dan getaran damai sehingga mendorong tidur nyenyak. Aturan umumnya adalah memilih warna kalem yang biasa Anda temukan di alam, misalnya peach, krem, dan coklat.

Meski begitu, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam menerapkan warna peach. Memang warna ini sangat efektif untuk memikat pasangan, sehingga selalu disarankan sebagai feng shui kamar tidur suami istri. Namun, hal ini bisa menarik bagi ‘orang lain’ juga.

Sebaiknya Anda menggunakan warna peach sebagai dekorasi di kamar saja. Sementara untuk aksen dinding dan wallpaper, gunakan seminimal mungkin. Hindari penerapan warna dinding putih bersih karena dapat merangsang mental dan bisa membuat istirahat kurang maksimal.

Feng Shui Juga Memperhatikan Posisi Tempat Tidur

Posisi feng shui kamar tidur yang perlu Anda perhatikan adalah penempatan kasur. Alangkah lebih baik bila Anda menempatkan tempat tidur di “posisi komando” atau berada jauh serta tidak sejajar dengan pintu.  

Pastikan juga kalau posisi penempatan tersebut memungkinkan pintu kamar terlihat jelas dari tempat tidur ketika Anda berbaring di atasnya. Tujuannya adalah untuk mendorong aliran alami chi. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh ketenangan dalam tidur dan motivasi. Semua aspek tersebut sangat penting untuk mendorong kehidupan seseorang lebih sukses.

Feng Shui Merekomendasikan Penggunaan Sandaran Kepala 

Berbicara tentang tempat tidur, pastikan Anda memiliki kasur dengan kepala tempat tidur. Sandaran kepala tempat tidur mewakili stabilitas dan dukungan dalam hidup seseorang, terutama dalam hubungan romantis.  

Sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan kain karena bisa memberikan kesan lembut dan mengundang. Pastikan juga untuk mengencangkan bagian headboard ke kasur Anda guna memperoleh dukungan dan kekuatan yang paling besar.

Feng Shui Menyarankan Penempatan Dekorasi Yang Berpasangan

Menurut feng shui, setiap pasangan dianggap mampu mendorong energi yang penuh kasih dan harmonis. Jadi, aturlah kamar tidur Anda setidaknya untuk dua orang, walau saat ini Anda sedang tidak menjalin hubungan. 

Sisakan sedikit ruang ekstra di bagian lemari dan meja rias Anda. Setelah itu, tempatkan beberapa benda yang semuanya berpasangan, misalnya dua lampu serupa atau hiasan meja kembar. 

Letakkan Aksesoris Sesuai Elemen Yang Menyehatkan Panca Indera

Pada feng shui, penting untuk melihat elemen apa yang akan dimasukkan ke dalam kamar tidur Anda. Misalnya kamar tidur Anda berada di area yang memiliki elemen dominan kayu. Anda bisa memadukan warna hijau dan biru untuk mempertahankan elemen tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa elemen lain yang bisa ditambahkan ke dalam kamar tidur untuk membangkitkan panca indera, yakni:

Indera penciuman

Anda bisa menerapkan minyak esensial dalam diffuser ultrasonik atau lilin. Batasi jumlah tetesan minyak esensial yang digunakan dan jangan biarkan aromanya menyebar selama lebih dari satu atau dua jam.   

Karena pengaruhnya bisa jadi terlalu kuat. Aroma lavender dan melati adalah pilihan terbaik untuk menenangkan ketika tidur. Kalau Anda sedang sakit batuk, gunakan ravintsara atau eucalyptus. Ingin meningkatkan gairah seksual? Kayu manis atau ylang-ylang adalah pilihan terbaik.

Indera peraba

Untuk kamar tidur, yang terbaik adalah menggunakan kain lembut untuk sprei, bantal, guling, serta gorden. Misalnya katun beludru, satin, dan Mesir. Pastikan bahan tersebut terasa sangat lembut di kulit. 

Indera penglihatan

Pemilihan aksen berwarna bernada Earthy adalah pilihan terbaik untuk memuaskan indera penglihatan di kamar tidur. Selain itu, aksen dengan nada berapi-api (merah, merah muda, dan oranye) juga bisa jadi pilihan bagus kalau diterapkan dalam jumlah sedang. Ingatlah untuk menempatkan aksen-aksen tersebut secara berpasangan. 

Indera pendengaran

Dapatkan nada menenangkan dari mesin white noise mini yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Indera perasa

Anda mungkin tidak ingin membawa makanan ke kamar tidur. Solusinya, Anda bisa menyimpan botol kecil berisi air minum di meja samping tempat tidur. Tambahkan beberapa lemon dan minum di pagi hari untuk mendapat dorongan semangat.

Feng Shui Menyarankan Untuk Tidak Menaruh Tumpukan Buku di Kamar

Membaca buku memang hobi yang bagus. Tetapi jika merasa kesulitan bersantai di atas kasur, sebaiknya pindahkan tumpukan buku-buku tersebut keluar kamar. Karena buku adalah energi aktif yang dapat merangsang pikiran seseorang.  

Itulah 6 tips feng shui kamar tidur yang baik untuk rezeki dan kesehatan. Memasukkan konsep feng shui dalam tata letak kamar tidur diyakini dapat membantu menghasilkan suasana damai dan meningkatkan kualitas tidur. Tertarik untuk mencoba?